my vote

Categories

my o'clock

ngemeng2

Blogroll

Followers

Consectetuer

Popular

Another Templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Featured Video

Download

BTricks

BThemes

Comments

Pesantren Modern

Author: epphie
Kamis, 02 Desember 2010
               Beberapa hari yang lalu baru saja kuselesaikan membaca buku karangan A. Fuadi berjudul 5 Menara. Sebuah kisah perjalanan kehidupan anak santri pondok pesantren modern bernama Alif. Disana dipaparkan jatuh dan bangunnya menuntut ilmu secara jujur dan kompetensi yang benar-benar sehat.
Rasanya memang mustahil pendidikan semacam ini ada di Indonesia yang dikabarkan sebagai negara terkorup nomer dua se-Asia. Pernah suatu kali terpikir bahwa siswa saat ini berorientasikan nilai dan gurunya juga tak ada sedikit pun nilai keihlasan dalam mengajar, melainkan pendidikan hanya sebagai ladang komersialisasi.
             Siapa yang tidak berbondong-bondong kuliah di jurusan ilmu pendidikan dengan harapan bisa mengajar di sekolah-sekolah kemudian bisa ikut tes untuk menjadi pegawai negeri? Anehnya saat ini ada pula istilah sertifikasi guru yang menyebabkan kampus-kampus dengan sistem non reguler, yakni biasa disebut kelas ekstensi menjadi laris manis dimasuki untuk sekedar meraih gelar S1 demi pekerjaan.
Tapi berbeda dengan kehidupan di pesantrenku yang ternyata engalami banyak kesamaan dengan buku karangan A. Fuadi tersebut. Dosen-dosen kami adalah praktisi yang kadang tidak mengharap gaji. Sedangkan Ustadznya juga demikian, mereka memberi ilmu kepada kami dengan penuh keikhlasan.
            Kami yang terdiri dari santri putra dan utri diajari menimba ilmu Akuntansi konvensional dan juga Akuntansi Syariah. Selain dibekali dengan IT yan unggul sebagai wujud pesantren yang moidern, kami juga diwajibkan berbahasa Arab dan Ingggris selama 24 jam dimana pun kami berada.
            Kesan kompetisi juga terjalin dengan sangat sehat dengan bantuan camera cc TV, mungkin itu kesan pertamaku tidak berani nyontek di kelas. Tapi ternyata bukan itu, alasan sebenarnya adalah meyakini bahwa Allah Maha Melihat dan tak ada satu pun tingkah laku kita yang tak terekam dibawah kekuasaan Allah. Ada juga pendidikan pembangunan kharacter yang diajarkan Ustadz kami yakni ilmu akan masuk pada jiwa-jiwa yang bersih. dari sinilah terbetik keinginan untuk selalu mempebaiki kelakuan dari har ke hari demi mendapat ilmu sebanyak-banyaknya. Kamilah cangkir-cangkir kosong yang siap diisi dengan ilmu.
           Kami yang menjadi saudara di sini, padahal berasal dari sabang sampai merauke. Ada Hamzah yang berasal dari Gorontalo, dia teman dan sahabat sekelasku baik di organisasi BEM mau pun di kelas. Anak Sulawesi ini terpilih menjadi presiden BEM, dan malahan aku yang diangkat jadi sekretarisnya. Kemudian ada Ukhti Muthi’ah kakak yang berasal dari Lombok. Hafalan 30 juz-nya mampu memberikan kesan kita harus bersaing untuk bisa menjadi penghafal semuanya. Ada banyak yang dari Jombang, Blitar, Ponorogo. Atau yang dari Jawa sepertiku seperti semarang, Boyolali, Jogja, dan lainnya. Jawa sendiri masih ada yang anak Indramayu dan Pandeglang, aksyen bahasa Indonesia yang berbeda-beda ini dilebur dengan Bahasa Arab dan inggris yang fasih serta grammer yang mapan karena peraturan bahasa ditegakkan.
            Betapa kagumnya melihat mahasantri dari Aceh dan papua yang rela datang ke solo ini untuk menimba ilmu. Kadang malu terbersit di hatiku yang selalu terhimpit rindu seorang anak mama yang terpisah dari ibundanya. Orang yang luar biasa adalah ia yang tidak hanya bertinggal saja di daerahnya, tapi bersedia merantau untuk mencari hal-hal yang baru. Kehidupan pesantren ini mengajariku banyak hal, selain bersih-bersih secara sempurna kami juga harus praktik bebelanja serta memasak bersama-sama. Kehidupan 4 tahun yang luar biasa. Kini baru dua tahun aku melaluinya. Pesantren yang memiliki hot spot dan setiap santrinya memegang lap top. Luarr biasa.
            Semoga apa yang menjadi cita-cita orang tua kami untuk memasukkan putra-putrinya e peondok pesantren ini mejadi kenyataan. Terciptanya kader-kader pejuang ekonomi Islam yang mampu menegakkan syariat-Nya di bumi yang semakin kacau ini dengan berbagai praktik korupsi dan ribawi yang semakin menjadi-jadi. Inilah tanggung jawab kami, generasi yang harus memikirkan nasib bangsa selanjutnya dan melanjutkan estafet membangun bangasa Indonesia yang sejahtera.
           Kami akan bergerak dan maju di bidang ekonomi. Dengan pedang-pedang prinsip keioslaman yang damai.Tak ada terorisme di sini. pesantren kami tak mengajarkan bela diri atau menggunakan senjata apai. Kami belajar kitab-kitab dan mengkaji benar ilmu agama yang bersumber dari Al-Qur’a dan Hadist. Semoga kota solo yang terknal dengan sarang terorisme ini tak menyurutkan minat orang tua untuk tetap menyekolahkan anaknya di pondok pesantren seperti kami. Cara belajar yang bersih, yang tak hanya berorientasikan kepada nilai-nilai tapi bagaimana menyerap imu secara benar. Karena yang kami bawa bukan ijazah, melainkan ilmu yang akan menjunjung derajat kaum-kaum yang mau thlabul ilmi. Bismillah, Allah hu akbar.. Ya Rabbi mudahkanlah perjalanan kami dua tahun yang tersisa ini untuk bisa keluar dari pondok sebagai para ustazah yang siap berdakwah..

Posting Komentar